• Tips dan Cara Menghilangkan Trauma

    Menghilangkan bayang-bayang kejadian yang menyebabkan trauma bukan hal gampang. Perlu sistem menghilangkan trauma yang ideal supaya bisa bangkit dan melupakan kejadian traumatis hal yang demikian.   Syok bisa terjadi karena bermacam ragam hal, seumpama mengalami pemerkosaan, kehilangan orang tersayang, menjadi korban petaka alam atau kecelakaan. Syok psikologis bisa memengaruhi bermacam aspek, mulai dari jasmani, mental, perilaku dan interaksi sosial. 

    Tips dan Cara Menghilangkan Trauma

    Kenali Penanganan yang Pas

    Sistem menghilangkan trauma penting dikenal untuk bisa langsung mengatasi rasa takut yang dinikmati, supaya tak mengganggu kehidupan sehari-hari. Berikut sebagian sistem yang bisa dikerjakan: 

    Ceritakan terhadap orang terdekat

    Menyebutkan kejadian traumatis yang dialami terhadap orang terdekat bisa menjadi langkah untuk mengatasi trauma. Menceritakannya terhadap seseorang, bisa membuat Anda merasa lebih baik dan tak merasa sendiri. Dukungan dari orang terdekat akan cukup berimbas dalam meringankan rasa takut yang Anda rasakan. 

    Curahkan via tulisan

    Manfaat menulis dengan menyebutkan kejadian trauma atau apa yang dinikmati sesudah kejadian, juga bisa menjadi terapi yang efektif sebagai sistem menghilangkan trauma. Sekiranya Anda merasa sungkan untuk bercerita terhadap orang lain, cobalah untuk menyalurkannya via tulisan. Mulanya mungkin Anda akan merasa tak nyaman, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan lebih rileks dalam menuangkan perasaan via tulisan. Menulis tak hanya sebagai media bercerita saja, konsisten juga sebagai tempat untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan terdalam terkait hal-hal traumatis yang pernah dialami. 

    Alihkan perhatian pada kegiatan yang menarik

    Tidak jarang kejadian traumatis bisa muncul kembali dalam daya ingat Anda, via mimpi buruk atau mungkin kejadian yang dianggap hampir serupa. Misalnya, isu tentang kecelakaan lalu lintas, bisa memunculkan kembali rasa trauma pada korban kecelakaan. Disarankan untuk sedapat mungkin menjauhkan diri dari paparan isu mengenai momen yang terkait dengan kejadian traumatis. Pahamilah bahwa respon Anda terhadap isu hal yang demikian sesungguhnya normal, kemudian perlahan coba tenangkanlah diri Anda. Alihkan perhatian dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti menjalankan hobi Anda atau kegiatan lain yang menyenangkan.

     Hadapi ketakutan yang dinikmati 

    Sistem menghilangkan trauma yang tak gampang yaitu dengan mengingat kembali kejadian traumatis yang dialami dan mencoba untuk mengatasi rasa takut yang menyertainya. Syok ini bisa menolong mengatur apa yang Anda rasakan secara bertahap. Cobalah untuk berdamai dengan kejadian traumatis yang Anda alami. Pikirkan bahwa Anda wajib bisa menghadapinya dan melawan rasa takut, untuk mengembalikan kwalitas hidup Anda. 

    Mengenali Syok yang Tetapi Perhatian Serius

    Seiring berjalannya waktu, ketakutan yang dialami dampak momen traumatis biasanya bisa hilang. Syok, sebagian orang mengalami trauma yang terus berlanjut, sehingga memunculkan stres dan rasa takut yang berlebihan. Syok semacam ini dikenal sebagai PTSD (post-traumatic stress disorder). Sistem menghilangkan trauma pada penderita yang mengalami PTSD, memerlukan psikoterapi yang dikasih oleh psikater. Psikiater akan akan menolong penderita PTSD memahami, mengelola, dan memaksimalkan sistem yang spesifik untuk menghilangkan trauma. Sekiranya itu, kemungkinan dibutuhkan konsumsi obat antidepresan supaya penderita PTSD bisa mengatur rasa sedih dan ketakutan dengan lebih baik. 

    Menghilangkan trauma memang tak gampang, tetapi tak mustahil.  tak bisa menjalankannya sendiri, jangan segan untuk meminta bantuan orang terdekat atau bantuan pakar, seperti psikiater atau psikolog.


    Tags Tags:
  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: