• Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk kebutuhan memasak maupun kebutuhan perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim perihal manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, namun pemakaiannya semakin populer di masyarakat. 

    Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

    Minyak kelapa berdasarkan beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang dapat didapatkan dari minyak kelapa. 

    Minyak Kelapa untuk Kesehatan

    Minyak kelapa yang baik yakni yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa temperatur tinggi. Hal ini bertujuan supaya kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tak rusak. Oleh sebab itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan. Kecuali itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi pendorong pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat. Berikut beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan.

    Untuk diet

     

    Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak saat memasak atau dicampurkan pada Kandungan dalam VCO dipercaya dapat menolong merangsang metabolisme. Salah satu efek yang dapat didapatkan pada minyak kelapa yakni membikin begah lebih lama, sehingga dorongan untuk mengkonsumsi makanan berlebih atau menyantap camilan akan berkurang. Kecuali itu, minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai sedang yang mudah masuk ke dalam sel-sel hati. Kelebihannya ini menciptakan minyak kelapa sebagai lemak yang cepat dibakar tubuh menjadi kekuatan. Asam lemak rantai sedang tak mudah diubah menjadi cadangan lemak, jadi mensupport penurunan berat badan. Meski diklaim baik untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Jikalau Anda ingin menurunkan berat badan tak dapat cuma mengandalkan VCO. Anda konsisten perlu berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat dan seimbang. VCO dapat dikatakan sebagai komponen kecil dari pola makan yang baik. Konsumsinya optimal satu sendok makan dalam sehari. 

    Antioksidan yang baik untuk jantung sebab mengandung polifenol

    Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga sebab kandungan polifenolnya. Hal ini sebab polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni pengerasan dinding pembuluh darah dampak menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Ini berarti risiko penyakit jantung juga berkurang. Jikalau situasi kesehatan Anda normal, mungkin minyak kelapa dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Jikalau Anda mempunyai penyakit jantung, disarankan untuk konsultasikan dulu ke dokter berkaitan konsumsi minyak kelapa. 

    Untuk mengurangi lemak jahat

    Salah satu manfaat minyak kelapa yang diklaim baik untuk kesehatan yakni mengurangi kolesterol sempurna, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik (HDL). Efek ini diprediksi dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tapi, beberapa penelitian menonjolkan bahwa konsumsi minyak kelapa cuma meningkatkan kadar lemak baik, namun tak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol sempurna dan lemak jahat dalam darah. Karena itu, manfaat minyak kelapa yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. 

    Untuk diabetes

    Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat membenarkan toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes ragam 2, minyak kelapa juga dipercaya dapat membenarkan sensitivitas insulin. Tapi, masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk membuktikan hal ini. 

    Minyak kelapa diduga dapat berguna bagi kecantikan, di antaranya untuk: 

    Mengobati jerawat

    Pengobatan jerawat tak mesti selalu menggunakan obat berbahan kimia, namun dapat juga dengan VCO. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa diduga kuat tepat sasaran mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Oleh sebab itu, asam laurat dalam minyak kelapa dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat. Tentunya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan asupan makanan. 

    Pelembap

    Kecuali untuk merawat jerawat, asam laurat dalam minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembap kulit. Tak cuma untuk kulit yang sehat, minyak kelapa juga dapat diterapkan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Efek antibakterinya diduga benar-benar berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini. 

    Minyak kelapa dapat diwujudkan sendiri di rumah atau dibeli di pasaran. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit. Tapi, jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk memelihara kesehatan, disarankan memegang takarannya sebab khasiat dan keamanannya masih perlu diteliti. Terpenting, jika Anda mempunyai situasi medis tertentu. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak kelapa, jika mempunyai persoalan kesehatan.


    your comment